Pemerintahan Solid dan Gotong-Royong

Saturday 11 Jan 2014, 7 : 55 pm
by

Oleh:Hayono Isman

Calon Presiden Konvensi Partai DEMOKRAT

Kondisi Indonesia saat ini dan tantangan dari negara-negara lain, membuat kita perlu memacu diri berlari lebih kencang untuk mengejar kemajuan. Jika kita menoleh ke belakang, tidak bisa kita ingkari bahwa kita makin ketinggalan langkah dari negara-negara yang dulu relatif setara, bahkan berada di bawah kita, di tahun 1970-an.

Oleh karena itu, Republik ini paling tidak membutuhkan tiga hal. Pertama, membangun ekonomi yang kuat, yakni yang berbasiskan SDM produktif, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan dijalankan oleh para wirausahawan yang kreatif dan berani menghadapi risiko. Kedua, terbentuknya pemerintahan yang solid, yaitu pemerintahan yang ketika suatu kebijakan diambil, seluruh elemen pemerintah dari presiden, menteri sampai jajaran pemerintah di daerah mendukung dan bersinergi mengimplementasikannya.

Baca juga :  Merahnya Ajaran Bung Karno

Namun sejauh ini hal tersebut tidak berlaku. Sering sekali terjadi beda pendapat di antara anggota kabinet atau di jajaran pemerintahan daerah. Misalnya dalam kasus impor berbagai bahan kebutuhan pokok yang memunculkan keprihatinan karena terkesan dilakukan tanpa perhitungan yang matang dan terjadi lepas koordinasi. Di sini terlihat bahwa pemerintahan tidak solid. Pemerintahan solid menjalankan kebijakan dengan kompak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bendung Kamijoro Selesai, Suplai Irigasi Petani Bantul Terjamin

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 1

Bersama Masyarakat Malang, CIMB Niaga Bersihkan Kali Brantas

MALANG-PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) kembali menyelenggarakan program