Peresmian Sekretariat KSS Kemenperin-UNIDO

Thursday 4 Jul 2013, 1 : 43 pm
by

JAKARTA-Kementerian Perindustrian terus meningkatkan peran aktif dan kontribusinya dalam Kerjasama Selatan-Selatan (KSS), yang merupakan wadah kerjasama di antara negara-negara berkembang dengan tujuan tercapainya kemajuan pembangunan dan diperolehnya keuntungan bersama (mutual benefit). Peresmian Sekretariat KSS Kemenperin-UNIDO diselenggarakan secara back to back dengan penandatanganan perjanjian kerjasama teknis antara Direktorat Jenderal Kerjasama Industri Internasional (KII) Kemenperin dengan UNIDO yang dilakukan oleh Dirjen KII Agus Tjahajana dan Country Representative UNIDO Indonesia Office Shadia Bakhait.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun saat Peresmian Sekretariat Kerjasama Selatan-Selatan Kementerian Perindustrian – United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (3/7).

Baca juga :  BII Gelar Program CR Melalui Micro Financing

Menurut Wamenperin, pembentukan Sekretariat KSS Kemenperin-UNIDO merupakan tindak lanjut dan implementasi Memorandum of Understanding Kemenperin dengan UNIDO tentang kerjasama industri selatan-selatan yang ditandatangani pada 4 Desember 2007. Kerjasama ini menyepakati tentang kerjasama dalam pertukaran pengalaman, menjalin jejaring kerjasama, pemberantasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, penguatan sistem  inovasi lokal dan nasional, memperkuat industri kecil dan menengah melalui pertukaran pengalaman, serta promosi penggunaan energi dan teknologi berkelanjutan bidang industri. “Dalam implementasi KSS, Indonesia telah berperan aktif dengan menyelenggarakan ratusan kerjasama teknik kepada negara-negara berkembang, antara lain melalui pelatihan, pengembangan kapasitas (capacity building), transfer teknologi, dan pertukaran tenaga ahli.” Kata Wamenperin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Laba Tumbuh 87,15%, Samator Indo Gas Tebar Dividen Rp10,8 per Saham

JAKARTA – PT Samator Indo Gas Tbk (AGII) akan membagikan
mobil listrik

Jonan: Animo Global Terhadap Mobil Listrik Sangat Tinggi

JAKARTA-Pemerintah terus mempersiapkan sekaligus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.