Pergantian Menkeu Ganggu Stabilitas Ekonomi

Tuesday 26 Mar 2013, 2 : 15 pm
by

JAKARTA-Fraksi PKS DPR RI menilai pencalonan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia tidak tepat dilaksanakan saat ini. Dalam pandangan F-PKS, pergantian jabatan Menteri Keuangan (Menkeu) saat situasi ekonomi global yang tidak menentu serta situasi politik di Indonesia yang dinamis, dapat berdampak negatif bagi pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di Indonesia.  “Oleh karena itu, Fraksi PKS DPR RI merekomendasikan saudara Agus Martowardojo untuk tetap menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Menteri Keuangan sampai 2014,” kata  Anggota Komisi XI DPR yang juga Wakil Sekretaris Fraksi PKS DPR RI Ecky Awal Mucharram dalam rilisnya, Selasa (26/3).

Dalam pandangan Ecky, salah satu prioritas penting pemerintahan SBY adalah menjaga stabilitas ekonomi Indonesia baik aspek fiskal maupun moneter di tahun politik 2013-2014.Sehingga, lanjut Ecky, Menteri Keuangan tetap bisa menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi di tengah situasi politik yang dinamis. “Pergantian Menteri Keuangan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi kita. Jangan lupa, ini tahun politik. Kinerja Menkeu tidak boleh terganggu dengan situasi politk yang dinamis. Dalam hal ini posisi Agus Marto sebagai Menkeu sudah tepat,” ujarnya.

Alasan lainnya, kata Ecky, adalah tekanan fiskal dan moneter pada perekonomian Indonesia yang ditandai dengan defisit APBN yang melebar, defisit neraca perdagangan, serta penurunan cadangan devisa.   “Menkeu baru nantinya harus menyesuaikan diri dengan situasi seperti ini. Padahal, bukan saatnya lagi penyesuaian, tapi harus memberikan solusi cepat yang efisien dan efektif,” tegasnya.

Ecky menyoroti secara khusus kondisi  perekonomian dunia yang sedang memburuk, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Negara-negara Eropa dan beberapa negara besar lainnya yang negatif dan melemah. Sekarang atau nanti, tambah Ecky, dampaknya akan segera terasa bagi perekonomian Indonesia.

“Sekali lagi kami tegaskan, pemerintahan ini berada dalam situasi ekonomi global yang tidak menentu serta situasi politik di Indonesia yang dinamis. Sebaiknya saudara Agus Marto fokus pada tugasnya sebegai Menteri Keuangan dan mengawal stabilitas ekonomi Indonesia sampai tahun 2014,” pungkas Ecky.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ajak KATSGAMA, BTN Gelar School of Property

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono (kedua

Mantan Komisioner KPU Dorong Audit Sirekap

JAKARTA-Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dipakai Komisi Pemilihan Umum (KPU)