Perlu Kebijakan Dukung Pengusaha Daerah

Tuesday 19 Nov 2013, 2 : 25 pm

JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serius mendorong pertumbuhan pengusaha daerah. Sehingga berdampak pada perekonomian nasional. “Harus ada upaya semaksimal mungkin mempercepat pertumbuhan pengusaha daerah. Bagaimanapun juga, pengusaha di daerah berhak untuk maju dan memberi kontribusi lebih besar bagi daerah,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia,  Rizal Ramli di Jakarta, Kamis (14/11).

Diakui Rizal, ketergantungan yang berlebihan terhadap pusat harus segera dikurangi. Dengan peran maksimal pengusaha daerah, kesejahteraan rakyat pun akan bisa lebih merata ke pelosok wilayah Indonesia. “Faktanya selama ini pengusaha daerah terpinggirkan. Mereka dibiarkan sendiri menghadapi berbagai persoalan dalam mengembangkan bisnisnya,” ujarnya

Mantan Menko Perekonomian era Gus Dur inipun prihatin atas rendahnya kontribusi pengusaha daerah. Alasannya, selama ini baik pemerintah pusat dan pemda kurang mendukung terhadap dunia bisnis. Akibatnya kontribusi pengusaha daerah terhadap produk nasional bruto (PDB) masih di bawah 20%. Sisanya yang 80% lebih masih disumbang oleh pengusaha yang ada di Jawa.

Baca juga :  CBA Endus Bau Korupsi Proyek Rp 1,8 Triliun di Kemenristekdikti

Menurut Rizal Ramli, Kadin akan mendorong pembangunan infrastruktur, pengembangan investasi, dan pembinaan pengusaha di daerah. Hal ini dimaksudkan agar terjadi pemerataan dan penyebaran industri ke luar Jawa. Upaya itu ditempuh antara lain dengan mendorong pengembangan pusat-pusat pertumbuhan industri melalui pembangunan kawasan industri maupun pengembangan kompetensi inti industri daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kemenko PMK Jangkau 950 Ribu Masyarakat Marginal

JAMBI-Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) baru mampu menjangkau

Tingkatkan Produksi Minyak, Ini Strategi Menteri ESDM

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan lifting atau