Posisi Rupiah Belum Bergerak

Monday 11 Nov 2013, 12 : 05 pm
Ilustrasi

JAKARTA – Posisi rupiah terhadap dolar masih sekitar level Rp11.375 dalam transaksi antarbank.

Boleh dibilang situasi rupiah ini masih stagnan.

“Outlook rupiah masih netral, mata uang domestik diperkirakan diperdagangkan di kisaran Rp11.330-Rp11.660 per dolar AS untuk hari ini,” kata analis Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir di Jakarta, Senin, (11/11).

Menurut Zulfirman, investor masih bersikap waspada menanti kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) pada pekan ini untuk melihat apakah ada upaya baru dalam menjaga stabilitas rupiah.

Lebih lanjut kata Zulfirman, dari sisi fundamental, data pertumbuhan ekonomi AS dan “non-farm payroll” yang mencatatkan hasil cukup positif memberikan bukti tambahan akan berlanjutnya momentum pemulihan ekonomi AS, kondisi itu dapat menekan nilai tukar rupiah.

Baca juga :  Awal Pekan IHSG Diprediksi Rebound, Bahana Sekuritas Rekomendasi “Beli” Saham BBRI, EXCL, ACST dan SSIA

Zulfirman menambahkan  membaiknya ekonomi AS akan mendorong dilakukannya pengurangan stimulus Federal Reserve dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara itu, Analis PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong mengatakan bahwa rupiah pada jangka menengah ini diperkirakan masih akan tertekan didominasi oleh faktor eksternal.

“Sentimen dan kekhawatiran di domestik sudah mereda, tingkat inflasi yang cenderung membaik,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Rupiah Keok Gara-gara AS Marah ke Jokowi

JAKARTA – Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat

Berjalan Sukses, Kadiparbud Kota Bekasi Tutup Gelaran Bekasi Culinary Festival 2021

BEKASI-Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi Moh. Ridwan