Sahabat Presiden Merusak Wibawa

Tuesday 17 Sep 2013, 5 : 59 pm
by
Politisi Golkar, Bambang Soesatyo

Artalyta Suryani, akrab dipanggil Ayin, juga dikenal sebagai sahabat SBY. Kedekatan itu terungkap  dari gambar SBY bersama Ayin dalam acara pernikahan putra Ayin pada 2009.

Ayin terlibat kasus penyuapan jaksa kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Ia menyuap Ketua Tim Jaksa Penyelidik Kasus BLBI Urip Tri Gunawan sebesar 660 ribu dolar AS. Pada Juli 2008, Ayin dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Tipikor Jakarta dan divonis lima tahun penjara.

Orang dekat SBY lainnya adalah Aulia Pohan. Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia ini bahkan berstatus besan SBY, karena putrinya, Anisa Pohan, menikah dengan putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono.

Aulia Pohan divonis 4 tahun 6 bulan penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta karena terlibat kasus aliran dana Yayasan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (YLPPI).

Juga menarik untuk disimak adalah mundurnya Jusuf Gunawan Wangkar dari jabatan Staf Khusus Presiden Bidang Pangan dan Energi. Nama Yusuf disebut-sebut dalam kasus impor sapi dan impor bawang, serta terlibat dalam proyek pengadaan pesawat Merpati (MA-60). Dalam proyek pesawat MA-60 ini, terjadi penggelembungan dana hingga US$40 juta.

Sahabat SBY yang bermasalah dengan hukum pada akhirnya menggerogoti kredibilitas sang presiden. Idealnya, presiden bisa menghindar dari orang-orang yang berpotensi akan menimbulkan masalah, agar presiden tidak menjadi sasaran curiga publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perayaan ini merupakan wujud nyata apresiasi Bank DBS Indonesia terhadap loyalitas serta kolaborasi yang dijalin dengan nasabah selama 32 tahun.

Bank DBS Indonesia Apresiasi Kolaborasi Berkelanjutan Dengan Nasabah dan Partner

JAKARTA-Bank DBS Indonesia merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan menghadirkan webinar

BI Terapkan KAK sebagai Standar Akuntansi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menerapkan Kebijakan Akuntansi Keuangan (KAK) sebagai acuan