Senin, Puan Akan Pimpin Pertemuan MIKTA Speakers’ Consultation 

Saturday 18 Nov 2023, 3 : 17 pm
by
Ketua DPR RI Puan Maharani/Sumber Foto: Dok DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani/Sumber Foto: Dok DPR

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan dirinya siap memimpin pertemuan tingkat tinggi MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 20 November 2023.

“MIKTA memiliki kemampuan untuk lebih fokus pada isu-isu tertentu yang mendesak dan memiliki dampak signifikan. Dengan demikian, Indonesia dapat mengangkat berbagai isu-isu geopolitik demi kemajuan dunia,” kata Puan Maharani di Jakarta Jumat 17 November 2023.

MIKTA merupakan grup negara-negara middle power (kekuatan menengah) yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA).

Sementara MIKTA Speakers’ Consultation merupakan forum konsultatif Ketua Parlemen anggota MIKTA.

Adapun MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 ini akan diadakan di Hotel Kempinsky, Jakarta Pusat dengan tema ‘Strengthening Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges’.

Puan menyebut, MIKTA Speakers’ Consultation dapat menjadi jembatan antara negara berkembang dan negara maju dalam menyikapi berbagai tantangan global di tengah perbedaan pandangan setiap negara.

“Tantangan yang dihadapi dunia saat ini bersifat antargenerasi di mana tantangan ini tidak hanya membawa dampak terhadap kehidupan saat ini namun juga bagi generasi mendatang,” tutur mantan Menko PMK itu.

Dengan semangat reformasi bagi sistem pemerintahan global, Puan meyakini MIKTA akan terus mendorong dan mengupayakan penguatan multilateralisme untuk menjawab tantangan dunia.

“MIKTA memungkinkan Indonesia untuk bekerja sama dengan mitra yang memiliki kepentingan dan nilai serupa, memperkuat posisi kolektif kelompok tersebut dalam dinamika geopolitik global,” ucap Puan.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI ini melanjutkan, keanggotaan Indonesia di MIKTA juga membuka peluang kerja sama dengan negara-negara middle power lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Polisi Beringas, IPW: Kapolri Harus Rombak Total Para Kapolda

JAKARTA-Kekerasan berlebihan yang dilakukan oleh anggota Polri kembali terulang. Setelah

Bank OCBC NISP Relokasi Kancab Utama Pekanbaru

PEKANBARU-Bank OCBC NISP senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah.