Sosialisasikan GAMA CERDAS, TPM Ganjar-Mahfud Gelar Penyuluhan Pangan Sehat Cegah Stunting

Wednesday 31 Jan 2024, 11 : 48 am
by
Direktur TPM Wilayah Jateng, Arifin Kusuma Wardani, usai melakukan penyuluhan, Selasa (30/1/2024)

BANJARNEGARADirektur Perempuan dan Disabilitas Tim Pemenangan Muda (TPM) Ganjar-Mahfud bekerjasama dengan TPM Jawa Tengah mengadakan kegiatan penyuluhan pangan sehat untuk mencegah stunting.

Kegiatan ini dilaksanakan di desa Kebondalem, Kecamatan Bawang, Banjarnegara, bersama Ikatan Pemuda Desa (IPDA) Indonesia dan didampingi oleh wakil deputi TPM Khaleed H Pranowo.

Secara geografis wilayah Kebondalem berada di perbatasan Banjarnegara dan Kebumen.

“Salah satu alasan TPM Ganjar-Mahfud mengadakan kegiatan di wilayah jauh dari kota adalah untuk memberikan manfaat serta memetakan wilayah di luar perkotaan,” kata Direktur TPM Wilayah Jateng, Arifin Kusuma Wardani, usai melakukan penyuluhan, Selasa (30/1/2024).

Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai negara ke 4 penyumbang balita stunting terbesar setelah India, Nigeria, dan Pakistan.

Dampaknya terlihat pada kualitas kognitif data OECD. Remaja Indonesia menempati urutan ke 71 dari 77 negara untuk skor sains, matematika dan membaca.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Direktur Perempuan dan Disabilitas Tim Pemenangan Muda (TPM) Ganjar-Mahfud, Dr. Puspita menuturkan berdasarkan Data JME UNICEF, world bank 2020, prevalensi stunting Indonesia berada di posisi 115 dari 151 negara.

“Ada artikel yang menyatakan bahwa hanya 53% anak Indonesia yang mampu mencapai potensi maksimalnya di usia produktif. Artinya ini adalah PR kita bersama untuk menghadapi bonus demografi dan menuju Indonesia emas,” kata Dr Puspita, usai kegiatan berlangsung, Selasa (30/1/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

“Kekerasan Anak” Bisa Bahayakan Bangsa

JAKARTA-Kasus kekerasan pada anak sudah tak bisa dibiarkan lagi. Berdasarkan

Hary Tanoe: Pemimpin Itu Harus Sayang Keluarga Agar Jadi Panutan

SEMARANG-Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo, partai pengusung