Terobosan Bisnis Panas Bumi, PGE dan PLN IP Jalin Kemitraan Strategis Melalui Co-Generation

Sunday 25 Feb 2024, 10 : 53 am
(Ki-Ka) Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Julfi Hadi dan Direktur Pengembangan Bisnis Dan Niaga PT PLN Indonesia Power Bernadus Sudarmanta tengah melakukan penandatanganan Joint Development Study Agreement (JDSA) pada Kamis (22/02), menandai langkah strategis dalam kemitraan mereka untuk mendorong pengembangan potensi panas bumi di Indonesia.

Untuk saat ini lokasi yang menjadi prioritas untuk dilakukannya FS adalah Ulubelu Bottoming Unit (BU) 30 MW dan Lahendong BU 15 MW.

Sementara itu Bernadus menilai dengan diwujudkannya JDSA ini sesungguhnya menjadi bentuk pencapaian penting.

Ia juga menyebut kemitraan ini sebagai langkah awal yang tepat untuk mewujudkan transisi energi dan upaya tinggal landas menuju pertumbuhan bisnis panas bumi yang lebih baik ke depan.

“PGE dan PLN IP berkomitmen untuk mengupayakan percepatan penyelesaian PPA sehingga target operasi juga dapat diraih lebih cepat,” ujarnya.

“Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan potensi panas bumi Indonesia. Kami optimistis JDSA ini akan berkontribusi secara signifikan dalam mencapai aspirasi  PGE untuk menjadi 1 GW company,” ujar Julfi.

Kedua pihak bersepakat untuk mempercepat proyek ini dan menjadikannya sebagai model bisnis untuk pengembangan panas bumi ke depan.

JDSA ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan PLTP untuk mendukung transisi energi terutama dengan karakteristik panas bumi sebagai beban listrik dasar (baseload).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Rate Masih Bisa Naik 50 Bps

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) masih memiliki potensi untuk menaikkan suku bunga

Pemodal Tiongkok Terlibat Dalam Sengketa Tambang Batubara di Kalteng

JAKARTA-Sengketa  tambang batubara antara PT Tuah Globe Mining (PT TGM)