Tren Penurunan Inflasi Terus Berlanjut

Friday 2 May 2014, 8 : 37 pm
by

JAKARTA-Inflasi April 2014 menunjukkan tren penurunan yang terus berlanjut. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan April mencatat deflasi sebesar -0,02% (mtm) atau 7,25% (yoy), kembali menurun dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya yakni 0,08% (mtm) atau 7,32 % (yoy). “Berlanjutnya tren penurunan tekanan inflasi tergambar dari inflasi IHK, baik inflasi secara bulanan maupun tahunan, yang terus menurun sejak Januari 2014,” ujar Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Hestu Wibowo di Jakarta, Jumat (2/5).

Menurutnya, deflasi pada bulan April terutama didorong oleh kelompok volatile food yang mencatat deflasi cukup tajam dibandingkan dengan rata-rata dalam enam tahun terakhir akibat melimpahnya pasokan karena panen, terutama komoditas beras, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit. Sementara itu, inflasi kelompok inti masih terkendali didukung oleh relatif stabilnya nilai tukar rupiah serta minimalnya tekanan dari harga global. Sejalan dengan itu, tekanan inflasi administered prices pada bulan ini juga masih terjaga.

Baca juga :  Wamendag Resmikan Pasar Percontohan Jepon, Blora

BI menilai inflasi sampai April 2014 masih positif bagi pencapaian sasaran inflasi 4,5±1% pada 2014 dan 4,0±1% pada 2015. Namun, BI tetap mencermati berbagai risiko, seperti potensi meningkatnya harga pangan akibat mulai masuknya musim kemarau di beberapa daerah dan adanya indikasi kemungkinan terjadinya El Nino pada semester II 2014. “Untuk itu, BI secara konsisten akan menempuh kebijakan dalam rangka mengelola inflasi dan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah,” pungksnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bawaslu Tangsel Panggil Pengurus PSI

TANGERANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Tangerang Selatan memanggil pengurus partai

Wenny Haryanto Bagikan Ribuan APD ke Puskesmas di Kota Bekasi dan Depok

BEKASI-Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Wenny Haryanto memberikan