Uchok: Jokowi Jangan Pilih Sekretaris MA ‘Bermasalah’

Thursday 19 Jan 2017, 3 : 49 pm
Direktur CBA, Uchok Sky Khadafi

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta membuka rekam jejak ketiga calon Sekretaris Mahkamah Agung (MA) kepada publik.

Sekretaris MA harus dijabat oleh orang yang memiliki integritas, jujur dan antikorupsi.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Ucok Sky Khadafi mengatakan keterbukaan ke publik ini perlu dilakukan agar adanya dugaan salah satu calon yang memutuskan vonis bebas terdakwa korupsi mafia minyak bisa terklarifikasi.

Menurutnya calon yang memiliki rekam jejak tersebut harus dicoret dari proses pencalonan.

“Presiden harus memilih Sekretaris MA berdasarkan kriteria di atas, bukan berdasarkan kelompok politik atau kepentingan politik dari dalam atau luar Istana,” ujar Ucok seperti dikutip Sindonews.com di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Baca juga :  Hadiah Pangkat Istimewa Jokowi ke Prabowo, Mirip Putusan Paman Usman Khusus Untuk Gibran

Dia juga mengingatkan Jokowi lebih selektif dalam memilih nama calon untuk diajukan sebagai Sekretaris MA.

Lebih jauh kata Uchok, Sekretaris MA ikut menentukan kinerja MA ke depan.

“Nama yang sebut beberapa kali memvonis bebas terdakwa korupsi, termasuk mafia minyak lintas negara tidak boleh atau harus digugur jadi Sekretaris MA,” ucapnya.

Tiga nama yang diajukan ke Presiden Jokowi untuk ditempatkan sebagai Sekretaris MA adalah, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, Aco Nur, dan Imron Rosyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pertemuan Caleg Hanura, Blusukan Cara Jitu Raih Suara Konstituen

JAKARTA-Caleg Hanura DPR RI, Dian Rahadian mengungkapkan kegiatan temu caleg

Pengamat: Puan Magnet Dan Tokoh Pemersatu PDI Perjuangan

JAKARTA- Dukungan relawan kepada Puan Maharani sebagai Capres 2024 terus