UMKM Menyumbang 57,94% Terhadap PDB Nasional.

Minggu 2 Mar 2014, 7 : 13 am
by

BOGOR-PT Permodalan Nasional Madani (PNM/Persero) menggandeng Universitas Pakuan dalam pelaksanaan program pengembangan sumber daya manusia dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).  Kemitraan kedua institusi tersebut tertuang dalam nota perjanjian kerjasama yang ditandatangni oleh Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja dan Rektor Universitas Pakuan Bibin Rubini di Kampus Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (1/3).

Menurut Parman, pertumbuhan  UMKM meningkat pesat dari  tahun  ke  tahun dan keberadaannya  menjadi  tulang  punggung  perekonomian  nasional. Hal itu tercermin dari   besarnya  kontribusi  UMKM terhadap  Produk  Domestik  Bruto  (PDB)  dan  penciptaan lapangan pekerjaan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2013,  pangsa  UMKM  di  Indonesia  saat  ini  mencapai  99,9%  dari  total  55,2  juta  unit  usaha. Aktivitas  bisnis  UMKM  berkontribusi  97,16%  terhadap  penyerapan  tenaga  kerja  dan menyumbang 57,94% terhadap PDB nasional.

Kendati  demikian, Parman menilai terdapat  sejumlah  permasalahan  mendasar  yang  kerap  menghambat perkembangan  UMKM, yakni lemahnya  struktur  permodalan, lemahnya  akses  pemasaran,  dan rendahnya kualitas sumber daya manusia.  ”Semua itu membuat banyak UMKM dipandang tidak feasible  untuk  memperoleh  pembiayaan  dari  perbankan  atau  lembaga keuangan formal,” ujarnya pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama PNM dengan Universitas Pakuan, Sabtu (1/3).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dua Dekade APU-PPT, PPATK dan BNI Tanam Pohon  

ANYER-Gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) telah genap

Paket Kebijakan Ekonomi Pulihkan Industri Nasional

JAKARTA-Sektor industri berperan penting bagi perekonomian nasional. Bahkan industri dinilai