BI Terus Jaga Rupiah

Monday 6 May 2013, 5 : 58 pm
by
ILUSTRASI

JAKARTA – Nilai tukar rupiah pada perdagangan Selasa (7/5) diperkirakan kembali menguat karena ketatnya penjagaan Bank Indonesia (BI) yang selalu berada dipasar uang memantau aktifitas rupiah.

“Rupiah diperdagangkan dikisaran 9.735-9.745 per dollar Amerika Serikat (AS),” ujar analis valas PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin (6/5).

Menurut dia, tidak ada sentimen yang signifikan yang mempengaruhi pergerakan rupiah.  Bahkan publikasi data Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I-2013 dianggap pasar mengecewakan.

Sebab, angkanya hanya tumbuh 6,02 persen atau di bawah perkiraan 6,18 persen.

“Ini negatif bagi rupiah,” jelas dia.

Selain tidak memenuhi ekspektasi, tegas dia, angka PDB tersebut merupakan laju pertumbuhan paling lambat sejak kuartal III-2010.

Baca juga :  Keyakinan Stabilitas Ekonomi Domestik Menopang Otot Rupiah

“Ini mengindikasikan kejatuhan volume impor barang modal, memicu perlambatan pertumbuhan investasi,” ujar dia.

Dia menjelaskan, pergerakan rupiah juga dibayangi sentimen dari eksternal. Salah satunya dari bank sentral India yang menurunkan suku bunga dari 7,50 persen ke 7,25 persen.

Penurunan itu dipersepsikan akan diikuti oleh bank sentral Asia Pasifik lainnya.

“Jadi, sentimen dari mata uang Asia yang menjadi faktor tertahannya rupiah pada level sekarang ini. Yen Jepang sebagai mata uang utama Asia masih dijaga melemah tetapi pergerakan pelemahannya cenderung melambat ketika yen mendekati 100 per dollar AS,” imbuh dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pertemuan Phinisi: Pilkada DKI Jakarta Harus Damai

JAKARTA-Dilatarbelakangi persahabatan yang sudah terjalin saat sama-sama bergiat di Badan

Lahan Susut Mendorong Impor Pangan

JAKARTA-Produksi pertanian nasional diperkirakan terganggu akibat banyak faktor, misalnya banjir