Boni: Semua Pemain Freeport Akan Terbongkar

Menteri ESDM, Sudirman Said

JAKARTA-Terkuaknya rekaman pembicaraan Ketua DPR Setya Novanto yang meminta jatah saham PT Freeport Indonesia akan menjadi pembuka kotak pandora tentang betapa rentannya negeri ini dari perilaku korupsi. Skandal “Papa Minta Saham” ini juga akan menguak sejumlah kisah permainan kongkalikong antara pejabat dan politisi Indonesia. “Baik Setya Novanto maupun Freeport sama-sama “pemain”. Semuanya akan terbongkar,” kata pengamat politik Boni Hargens kepada wartawan di Jakarta, Kamis (19/11/2015)

Dengan terkuaknya kasus ini, kata pengajar FISIP UI, bisa saja nanti kasus ini akan membongkar nama-nama lain yang ikut bernegosiasi dengan Freeport, termasuk yang selama ini mengeluarkan izin maupun perpanjangannya.

Dirinya menduga dibongkarnya rekaman ini oleh pihak Freeport sendiri karena pembicaraan itu tidak menghasilkan angka yang menyenangkan PT Freeport. ”Justru nanti akan kelihatan, kok baru sekarang Freeport lewat dirutnya merekam pembicaraan ini dan melaporkannya ke Menteri ESDM Sudirman Said,” tegasnya.

Baca :  Indonesia Buka Eskpor Pertanian Ke Brasil

Dengan terbongkarnya kasus ini dirinya pun bertambah yakin bahwa Presiden Jokowi tidak akan memperpanjang kontrak Indonesia dengan PT Freeport.

Jokowi tambahnya lagi akan memiliki dasar untuk tidak memperpanjang kontrak dan dia ini akan tercatat dalam sejarah seorang presiden sejak berdirinya Freeport di Indonesia, menolak Freeport. ”Kasus ini akan dimanfaatkan Jokowi dan dijadikan alasan untuk tidak memperpanjang kontrak PT Freeport karena cara-cara yang mereka gunakan tidak benar selama ini.Saya sangat yakin Jokowi akan berani mengambil langkah tersebut,” tandasnya.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara yang ditulis sebuah harian nasional, Sudirman Said dari obrolannya dengan pendiri Freeport, Jim Moffet mengilustrasikan bahwa selalu saja ada urusan-urusan seperti ini dimana para pejabat meminta sesuatu sejak Freeport berdiri di bumi Papua tahun 1957. **aec

Baca :  RUU Desa Minimalisir Kemiskinan Desa