BPK Segera Beri Penilaian Soal Proyek JSS

sayangi.com

JAKARTA-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan memberikan penilaian terkait rencana pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Hal ini dilakukan tidak ada kesalahan pada megaproyek itu. Maka BPK layak mengaudit rencana pembangunan proyek tersebut. “Kami akan berikan pendapat itu ke pemerintah,” kata Ketua BPK, Rizal Jalil usai dilantik menjadi memimpin BPK di Jakarta, Senin (28/4).

Menurut Rizal, saat ini BPK sedang menyusun pendapat tentang rencana pembangunan JSS tersebut. Adapun penilaian  BPK terkait adanya perbedaan pendapat mengenai pembiayaan studi kelaikan beberapa waktu lalu. “Kalau mau digunakan ya, alhamdulillah,” ungkapnya

Lebih jauh Rizal berharap, hasil penilaian BPK  bisa memberikan gambaran lebih jelas mengenai seluruh aspek yang perlu diperhatikan dalam pembangunan jembatan tersebut. Sekadar catatan, rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda sejak medium 2012 lalu memang bermasalah.

Permasalahan muncul setelah Agus Martowardojo, Menteri Keuangan yang saat ini menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) mengirimkan surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum.

Melalui surat tersebut Agus ingin biaya studi kelaikan Jembatan Selat Sunda dibiayai dengan uang dari APBN bukan dari pemrakarsa atau investor. Saat itu, Agus beralasan  penggunaan dana APBN bisa membuat proyek Jembatan Selat Sunda lebih sehat dan bebas mark up. (ek)

Baca :  Febby: Dana CSR Bisa Untuk Pengembangan PAUD