DPR Dorong Kerja Sama Pengembangan Mata Uang Digital Dengan Bank Sentral Spanyol

Monday 13 May 2024, 12 : 17 pm

JAKARTA-Bank Sentral Spanyol sedang melakukan uji coba (pilot project) pengembangan mata uang euro digital.

Sejak awal 2024 ini, Bank Sentral Spanyol diketahui tengah melakukan simulasi dengan melibatkan Cecabank, Abanca, dan Adhara Blockchain untuk menggali manfaat dan kelayakan euro digital di sektor perbankan.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin mendorong kerja sama antarbank sentral dalam mengeksplorasi mata uang digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC).

“Saat ini bank sentral di banyak negara tengah mendalami mata uang digital. Survei yang dilakukan Bank of International Settlements (BIS) tahun 2021 menyebutkan 86 persen Bank Sentral yang disurvei tengah melakukan penelitian terkait CBDC, 60 persen sedang melakukan percobaan teknologi, dan 10 persen di tahap pilot project. Artinya, kita memiliki fokus yang sama untuk mendalami potensi pengembangan CBDC di negaranya masing-masing, termasuk Indonesia dan Spanyol,” katanya di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Baca juga :  Pemerintah Ajak Pelaku Bisnis Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Lebih jauh Puteri empertanyakan terkait hasil uji coba pengembangan euro digital yang sedang dilakukan Bank Sentral Spanyol.

“Setelah berjalan selama 4 bulan, apa saja hasil evaluasi dan tantangan Bank Sentral Spanyol terkait percobaan tersebut. Lalu, kapan kira-kira waktu yang tepat untuk menerapkan CBDC sepenuhnya di Spanyol. Karena pada November lalu, Gubernur Bank Sentral Spanyol menyebut euro digital belum mendesak, tetapi proyek ini tetap perlu dilanjutkan,” urai Politisi Fraksi Partai Golkar itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Presiden Tegaskan Hak Berdaulat Indonesia di ZEE

NATUNA-Presiden Joko Widodo hendak memastikan adanya penegakan hukum hak berdaulat

Wakil Wali Kota Depok, Protes Warga Mampang Terkait Aktifitas Truk Hanya Persoalan Komunikasi

DEPOK – Aksi protes warga Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas