Imunitas Advokat Berlaku Bagi Mereka Yang Menjalankan Profesi Advokat

Wednesday 30 Aug 2023, 5 : 35 pm
by
Sugeng Teguh Santoso Ketua Indonesia Police Watch (IPW)

“Peradi pergerakan prihatin dengan fenomena ini dalam konteks profesi advokat dan kode etik advokat,” tegasnya.

Berikut tanggapan Peradi Pergerakan;

  1. Kate Lim adalah seorang perempuan muda (infonya masih belum dewasa) yang bukan advokat tentunya tidak memiliki kompetensiuntuk berbicara terkait profesi advokat dan kode etik advokat apalagi terkait imunitas profesi advokat.
  2. Tantangan debat terbuka pada Kapolri tentunya tidak tepat krn kate Lim tdk memiliki kapasitas advokat  sehingga tentu adalah keliru apabila Polri merespon tantangan debat terbuka tersebut, apalagi dalam proses penegakan hukum terkait Ayah Kate Lim advoKAT AL posisi Polri sebagai penyelidik/ penyidik hanya menjalan perintah UU dalam penegakan hukum yang tidak boleh berpendapat dimuka umum karena posisi penyidik harus netral.
  3. Sebagai anak yang diduga  belum dewasa dan bukan advokat pernyataan Kate Lim problematik untuk dirinya sendiri, karena tanpa disadari pernyataannya berpotensi menyerang pihak-pihak tertentu dan berimplikasi hukum. Karena itu Peradi Pergerakan menyarankan orang tua Kate Lim memberikan nasehat padanya serta mendesak Komisi Perlindungan Anak Indonesia perlu bersikap dan menjalankan peran perlindungan pada Kate Lim atas potensi dimanfaatkan oleh orang lain.
  4. Peradi Pergerakan mencermati adanya diskursus diruang publik terkait imunitas profesi advokat yang dimaknai secara tidak tepat oleh beberapa pihak. Oleh karena itu adalah baik bila yang berinisitif membahas, mendiskusika  secara publik terkait imunitas profesi adalah organisasi advokat dalam forum diskusi terbuka.
  5. Organisasi advokat memiliki tanggung jawab untuk membina dan meliterasi anggotanya untuk memahami kode etik advokat serta imunitas profesi advokat dengan benar agar dalam menjalankan profesi mampu menjalankan profesi secara etis sehingga terjaga marwah advokat sebagai Profesi yang Mulia ( nobile officium)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BCA Finance Berikan Promo Heboh di Bulan Puasa

Pro BCAF ini sedikitnya diikuti 7 merk mobil kenamaan asal

Pemerintah Maksimalkan Pemanfaatan EBT

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memaksimalkan pemanfaatan