Jokowi Jangan Lupa Diri

Rabu 27 Sep 2023, 8 : 37 pm
by
karikatur CNBC

Akhir kata ingin sekali saya ingatkan, bahwa TIDAK ADA SUPERMAN, YANG ADA SUPER TEAM ! Jangan pernah menganggap diri anda hebat dapat memajukan Indonesia hanya oleh pikiran anda sendiri!

Konstitusi maupun Peraturan Perundang-undangan dibuat bukan oleh satu orang dan oleh satu pikiran, melainkan oleh banyak orang dan melalui proses kehidupan berbangsa dan bernegara yang sangat panjang !

Orang akan selalu nampak hebat ketika orang itu masih berkuasa, namun orang akan nampak sekali kelemahannya ketika ia sudah kembali menjadi rakyat biasa, kecuali dia seorang yang lahir dan dibesarkan dari Parpol maupun Ormas yang sudah sangat mengakar dan menjadi dambaan jutaan rakyat yang sangat mencintainya.

Orang-orang demikian adalah orang-orang yang tidak hanya sanggup menggerakkan pikiran rakyatnya, melainkan pula sanggup menggerakkan hati rakyatnya.

Biasanya mereka selain menjadi pemimpin politik nasional juga seorang pemimpin spiritual.

Pertanyaannya, apakah Jokowi sudah berada di level ini? Tidak !

Jokowi selama ini hanya sanggup memukau pikiran orang, namun Jokowi belum berada di level pemimpin yang sanggup menggerakkan hati berjuta-juta orang.

Maka jika Jokowi sudah tak lagi menjadi Presiden, saya khawatir Jokowi akan segera tertimbun oleh popularitas dan kewibawaan pemimpin baru yang siap menyongsong masa depan !.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pendapatan Naik 23,3%, Wintermar Offshore Marine Raih Laba US$2,8 juta per September 2023

Pendapatan Lain, Beban, dan Laba yang Diatribusikan Beban bunga terus

Target Penerimaan APBN 2014 Hampir Pasti Tidak Tercapai

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brojonegoro menegaskan target penerimaan negara