Keyakinan Konsumen Masih Meningkat

Saturday 5 Apr 2014, 1 : 32 am
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada bulan Maret 2014 menunjukkan keyakinan konsumen masih dalam tren meningkat. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2014 tercatat 118,2, meningkat dari 116,2 pada bulan sebelumnya.

Keterangan tertulis Divisi Statistik Sektor Rill, Departemen Statistik BI mengatakan optimisme yang membaik terutama didorong oleh menguatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang, sebagaimana tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat sebesar 3,2 poin dari bulan sebelumnya menjadi 123,9.

Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) juga sedikit meningkat 0,8 poin menjadi 112,5. Dari 18 kota yang disurvei, peningkatan IKK terjadi di 12 kota dengan kenaikan terbesar terjadi di Manado (18,4 poin) dan Banjarmasin (16,6 poin). Bank Indonesia menilai keyakinan konsumen yang masih dalam tren meningkat dapat berkontribusi positif pada tetap kuatnya konsumsi rumah tangga.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan adanya kenaikan harga pada 3 dan 6 bulan ke depan. Hal tersebut antara lain dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan menjelang datangnya bulan puasa pada akhir Juni 2014.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Peredaran Gula Rafinasi Dimonitoring Ketat

LAMPUNG-Industri gula rafinasi di Indonesia diakui menopang geliat industri makanan
Indonesia sudah melewati puncak gelombang kedua Covid-19 dimana pernah menyentuh 50.039 kasus harian, kini berada di bawah 3.000 kasus harian

Covid-19 Melandai, Pemulihan Ekonomi Berjalan

JAKARTA-Keberhasilan penanganan kasus Covid-19 berkorelasi positif dengan pemulihan ekonomi nasional.