KSEI Raih Penghargaan Kustodian Sentral Terbaik di Asia Tenggara

Wednesday 7 Feb 2024, 3 : 38 pm
by
Direktur Utama KSEI, Samsul Hidayat

JAKARTAPT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah melakukan berbagai pencapaian di tahun 2023 dalam pengembangan pasar modal Indonesia.

Hal ini mengantarkan KSEI meraih kembali Marquee Award sebagai The Best Central Securities Depository in Southeast Asia in 2023 versi Alpha Southeast Asia.

Penghargaan yang diraih KSEI untuk keenam kalinya setelah sebelumnya meraih gelar yang sama pada tahun 2016, 2018, 2019, 2021 dan 2022 diberikan langsung oleh Siddiq Bazarwala, CEO & Publisher Alpha Southeast Asia kepada Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat, Selasa (06/2/2024) pada ajang The 17th Deal & Solution Awards 2023 di Jakarta.

Pengakuan pihak eksternal ini membuktikan KSEI berhasil memberikan layanan terbaik bagi industri dan para pemangku kepentingan.

Direktur Utama KSEI, Samsul Hidayat usai menerima penghargaan mengatakan bahwa keberhasilan KSEI meraih penghargaan untuk keenam kalinya ini merupakan sebuah apresiasi bagi KSEI.

Dukungan dan kerja sama yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan, Self Regulatory Organization (SRO) dan pelaku pasar modal memiliki andil besar sehingga KSEI mampu menyelesaikan dan merealisasikan program pengembangan dan inovasi baru di industri Pasar Modal Indonesia sepanjang tahun 2023 dengan baik.

Menurut Samsul, inisiatif KSEI antara lain pengembangan infrastruktur terkait alternatif penyimpanan dana nasabah pada Sub Rekening Efek (SRE) serta Investor Fund Unit Account (IFUA).

Inisiatif pemanfaatan SRE dan IFUA sebagai alternatif penyimpanan dana nasabah pasar modal ini bertujuan untuk memudahkan investor khususnya investor individu mulai dari melakukan pembukaan rekening investasi, saat bertransaksi, hingga penyelesaian transaksi.

Selain dengan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang saat ini diterapkan, dengan sistem ini, investor dapat menggunakan SRE dan IFUA sebagai alternatif penyimpanan dana untuk bertransaksi di pasar modal.

KSEI juga berhasil merampungkan pengembangan Layanan Administrasi Prinsip Mengenali Nasabah (LAPMN) atau yang dikenal dengan CORES KSEI.

Sistem ini merupakan layanan penyimpanan data, informasi dan dokumen nasabah atau calon nasabah yang tersentralisasi untuk mendukung proses costumer due diligence (CDD) dan enhanced due diligence (EDD) yang dilakukan oleh Pelaku Jasa Keuangan (PJK).

Selama ini nasabah dan calon nasabah harus menyampaikan data dan dokumen kepada PJK untuk proses pembukaan rekening investasi, hal ini juga berlaku ketika nasabah atau calon nasabah membuka rekening investasi di PJK lain.

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pembukaan rekening dan pengkinian data di pasar modal Indonesia, KSEI melakukan pengembangan sistem melalui sistem CORES.KSEI.

“CORES.KSEI merupakan bentuk kontribusi KSEI dalam menciptakan pasar modal yang wajar, tertib, teratur dan efisien. Terlebih jumlah investor pasar modal terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Melalui pengembangan ini, nasabah atau calon nasabah tidak perlu mengirimkan data dan dokumen yang sama secara berulang apabila ingin membuka rekening investasi di PJK lain.” kata Samsul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Politik Kondusif, Pemerintah Optimistis Hadapi Pelemahan Ekonomi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo kembali menyampaikan rasa optimismenya terkait kondisi ekonomi

Puan Maharani Minta Ada Audit Sistem Pengamanan Kilang-Kilang Pertamina

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar PT Pertamina (Persero)