Merahnya Ajaran Bung Karno

Saturday 22 Jul 2023, 11 : 12 pm
by
Benny Sabdo Anggota Bawaslu DKI Jakarta

Ajaran-ajaran Soekarno dalam horizon narasi pembebasan berjejak dalam kondisi sosial kehidupan rakyat.

Sebagai narasi pembebasan, gagasan Soekarno yang berpusat pada Marhaenisme memiliki tujuan mendampingi rakyatnya untuk bangkit dari ketidakberdayaan, kekalahan dan ketidakmampuan akibat belenggu penjara-penjara struktural.

Tujuan utama dari perubahan sejarah adalah pembebasan rakyat Marhaen, ajaran-ajaran Soekarno tidak bisa dipahami semata-mata sebagai suatu teori perubahan sosial belaka.

Soekarno bertolak dari pendekatan tradisi teori kritis. Kritik adalah bentuk pengetahuan spesifik yang secara akademik berakar pada tradisi filsafat idealisme Hegelian.

Kemudian, dikembangkan oleh Karl Marx sebagai suatu cara memahami masyarakat beserta totalitas sosialnya.

Kritik bukan sekadar memberikan bentuk perlawanan terhadap kemapanan. Kritik sebagai tradisi berpikir adalah upaya untuk menghubungkan diri dengan dunia.

Sebuah cara untuk memahami realitas dengan segenap totalitas sosial yang ada di dalamnya. Upaya untuk memahami bagaimana manusia sebagai subjek berpengetahuan terkoneksi dengan objek sosial. Kritik adalah cara untuk menyelami kehidupan sehari-hari dengan pengetahuan yang lebih mendalam dan rasional terhadap dunia.

Bagi Immanuel Kant, kritik adalah upaya menghubungkan persepsi terhadap objek di dalam pikiran dan pikiran rasional serta konsepsi kita terhadap objek tersebut.

Sementara dalam perspektif ekonomi-politik, Marx menguraikan kritik adalah bagaimana menghubungkan komoditi sebagai fenomena dunia material ekonomi dengan berbagai aspek sistem produksi, proses eksploitasi kerja manusia, serta pola kekuasaan di dalam masyarakat.

Dengan demikian, teori kritis memiliki tugas intelektual untuk membongkar kondisi sosial yang dengan cara itu pengetahuan rasional tentang dunia beserta totalitas sosialnya tersibak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DKPP Berhentikan Tetap Tiga Penyelenggara Pemilu

JAKARTA-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara

Dana Desa Langsung Dirasakan Masyarakat

BENGKULU-Pemanfaatan Dana Desa yang bergulir sejak tahun 2015 sebagai implementasi