Penguatan Rupiah di Topang Faktor Siprus

Selasa 26 Mar 2013, 6 : 06 pm
by
ILustrasi

JAKARTA –  Analis valas PT Harvest Futures International, Tonny Mariano memperkirakan nilai tukar rupiah pada perdagangan Rabu (27/3) menguat dengan kisaran terbatas   karena pelaku pasar merespon positif tercapainya kesepakatan antara Siprus dan pemberi pinjaman internasional.

“Diperkirakan rupiah  masih akan bergerak dalam kisaran  9.700 – 9.750,” ujar, Tonny Mariano di Jakarta, Selasa (26/3).

Menurut dia, tekanan terhadap rupiah sedikit mereda. Rupiah agak menguat , dikarenakan kembali pulihnya aktivitas positif di bursa saham lokal dimana IHSG di tutup menguat dalam beberapa hari terakhir.

Selain itu jelas dia, mata uang rupiah juga diuntungkan oleh tercapainya kesepakatan antara Siprus.

Optimisme atas kesepakatan dana talangan (bagi Siprus senilai 10 miliar euro mampu meningkatkan animo pelaku pasar terhadap aset-aset yang berimbal hasil tinggi pada negara berkembang di Asia.

Baca juga :  Ketua Banggar DPR Ingin Subsidi LPG Tepat Sasaran

“Pelaku pasar memandang positif terhindarnya Siprus dari potensi gagal bayar utang dan keluarnya dari negara kawasan euro,” kata dia.

Dia mengatakan, meredanya kecemasan terhadap Siprus membuat supremasi dolar AS terhadap rupiah juga terbatas, membuat mata uang lokal berhasil menguat tipis.

Namun,  dia menambahkan, penguatan rupiah ini tidak akan berlangsung lama. Sebab pelaku pasar masih khawatir dengan ancaman lonjakan inflasi serta kecemasan defisit perdagangan maupun defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bawaslu Ajak Milenial Tangsel Perangi Kampanye Hitam dan Politik Uang

TANGERANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak kalangan

SMGR Rilis Produk Hidraulis Pertama di Indonesia

JAKARTA-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) meluncurkan semen hidraulis Tipe