Pertemuan Pertama DEWG G20, Delegasi Dukung Isu Prioritas Konektivitas Pascapandemi Covid-19

Tuesday 29 Mar 2022, 6 : 42 pm
by
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate

LOMBOK-Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 telah membahas isu prioritas DEWG yang pertama, yaitu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi Covid-19.

Dalam pertemuan ini, para negara anggota G20 menyatakan dukungan serta berbagai masukan konstruktif terhadap konsep deliverables yang diajukan oleh Presidensi G20 Indonesia dengan fokus pendekatan yang berpusat pada manusia untuk menjembatani kesenjangan konektivitas digital.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba menyatakan bahwa forum Pertemuan Pertama DEWG secara umum juga sepakat atas pentingnya penyediaan akses telekomunikasi kepada seluruh lapisan masyarakat secara inklusif, terlebih bagi kelompok masyarakat rentan.

Para negara anggota G20 juga memberikan dukungannya untuk melanjutkan pembahasan mengenai penyediaan dan investasi infrastruktur fisik digital guna mempercepat pemulihan global pascapandemi Covid-19 termasuk bagi keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca juga :  Bidik Rp180 Miliar, WIFI Siap Lelang Bandwidth Hingga 3.000 Gbps

“Konektivitas digital yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat menjadi semakin penting mengingat pandemi Covid-19 yang mendorong berbagai aktivitas manusia ke ruang digital di tengah keterbatasan fisik yang ada sehingga pendekatannya tidak terbatas pada aspek infrastruktur fisik saya, tetapi juga harus berorientasi human-centric. Hal ini kemudian juga berlaku terlebih lagi untuk keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM serta mendukung aktivitas kelompok rentan,” jelas Sekjen Mira dalam Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital (1st DEWG G20) yang berlangsung secara hibrida dari Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa (29/03/2022) sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN

Setelah Absen di 2020, GGRM Kembali Bagikan Dividen Rp2.600 Per Saham

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Gudang Garam Tbk

Presiden Akan Gelar ‘Open House’ Idulfitri dan Silaturahmi di Istana Negara

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo