Puput: Jaga Kelangsungan Bahasa Indonesia

Monday 18 Aug 2014, 5 : 42 pm
by
Johanes puji adi andaya/dok facebook

JAKARTA-Salah seorang produser musik papan atas Indonesia, Puji Adi Andaya berharap agar artis penyanyi dalam berkomunikasi dengan atau di hadapan publik menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini merupakan salah satu cara yang dapat disumbangkan para penyanyi untuk menjaga budaya Indonesia.

Lebih jauh lagi, para artis diminta menjunjung tinggi komunikasi yang beretika melalui bahasa Indonesia dengan tidak melepas kesantunan dalam berbicara.

“Saya merasakan ada hal yang kurang di sini dalam berkomunikasi yang tidak disadari para artis di mana gaya komunikasi mereka ditiru oleh banyak penggemar. Penggunaan kata aku, gua, lu, elo meskipun akrab di telinga, tetapi tidak pas dalam bahasa kesantunan di hadapan publik. Bahasa pergaulan lebih baik digunakan saat tidak manggung,” ujar Puji yang juga produser musik Geisha, Dewa 19, Boomerang, Netral dll, saat ditanya terkait dengan hari Kemerdekaan RI ke-69, di Jakarta, Senin  (18/8).

Puput demikian pria kelahiran Jakarta ini disapa merasa prihatin bahwa sekalipun industri musik Indonesia dapat dikatakan sudah sangat maju namun ada kekurangan yang dirasakannya yakni dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahkan, para penyanyi bahkan lebih senang menggunakan bahasa Inggris campuran atau bahasa Betawi tanpa memiliki sensitivitas atas perusakan budaya secara tidak langsung.

Dia meminta agar para artis penyanyi hendaknya peka bahwa cara berkomunikasi mereka ditiru oleh penonton yang sebagian adalah anak kecil atau remaja. Sehingga kalau berkomunikasinya tidak baik pasti akan ditiru oleh para penggemarnya.

Bahasa Indonesia mengajarkan bangsa ini, jelas mantan manajer Band Dewa19 tersebut, untuk selalu berkomunikasi secara santun yang mencirikan kerendahan hati orang Timur. Kata “saya”, “mas, mbak atau abang” lebih tepat digunakan dalam berkomunikasi di hadapan publik secara langsung  termasuk di layar televisi. Bahasa yang santun juga menghargai perbedaan komunikasi yang tua dan yang muda saat berkomunikasi meskipun tidak kehilangan kehangatan dalam bercanda atau bergurau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh lembaga keuangan saat ini bukanlah meningkatnya jumlah kejahatan finansial, tetapi semakin kreatif dan canggihnya eksekusi serangan penipuan tersebut.

Tindak Kejahatan Keuangan 4.0 Menghantui Pesatnya Digitalisasi Industri Jasa Keuangan

JAKARTA-GBG (AIM:GBG), perusahaan teknologi global dalam bidang identitas digital, yang

PDAM TP Berikan Bantuan Tong Sampah ke Warga

BEKASI-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot (PDAM TP) memberikan bantuan