RCEP Justru Memperburuk Krisis Kesehatan dan Ekonomi di Tengah Pandemi

Thursday 11 Jun 2020, 10 : 21 pm
by
IGJ
Koalisi masyarakat sipil untuk keadilan ekonomi melakukan aksi penolakan terhadap perjanjian RCEP yang sedang dirundingkan oleh Indonesia.

Sementara di tengah situasi pandemi ini, banyak negara berupaya mengamankan pasokan pangan untuk warga negaranya, dengan melakukan pembatasan sementara perdagangan bahan pangan keluar negaranya diungkapkan Kartini Samon dari GRAIN.

Kartini mencontohkan keputusan yang dibuat sejumlah negara ASEAN seperti Vietnam, Myanmar dan Kamboja untuk menutup ekspor berasnya selama beberapa pekan pada akhir Maret.

Sementara Thailand memutuskan menutup ekspor telurnya selama satu minggu untuk mencegah kekurangan pasokan dalam negeri.

Dimasa pandemik seperti sekarang saat berbagai negara menutup batas-batasnya, pemenuhan produksi pangan di tingkat lokal menjadi sangat diperlukan.

Zainal Arifin Fuat dari Serikat Petani Indonesia mengatakan bahwa melanjutkan perundingan perdagangan di tengah pandemic merupakan langkah buruk mengingat pemerintah seharusnya lebih fokus pada kondisi pertanian dan pangan dalam negeri yang sangat terdampak.

Pandemi menyebabkan petani kesulitan mendistribusikan pangan sehingga turunnya harga jual.

Zainal melanjutkan bahwa sebaiknya berfokus pada pengamanan sosial bagi petani dengan melanjutkan atau mengeluarkan kebijakan yang relevan seperti memastikan berjalannya reforma agraria dan kebijakan yang mendukung kedaulatan pangan.

“Dukungan pada produksi pertanian di tingkat lokal akan sulit dilakukan jika perjanjian RCEP dilakukan,” demikian kata Zainal.
Kesepakatan RCEP akan lebih banyak menggusur produksi pangan lokal.

Langkah-langkah kebijakan yang dilakukan sejumlah negara tersebut bisa tidak dimungkinkan jika mengikatkan diri pada perjanjian perdagangan bebas seperti RCEP.

Hal itu justru akan dapat menyebabkan semakin sulitnya mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi berkepanjangan yang terjadi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menparekraf Bahas Tiga Upaya Reaktivasi Sektor Parekraf di Bali

Di samping itu, Kemenparekraf juga akan hadir untuk membantu pemulihan

Wali Kota Bekasi Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan

BEKASI-Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Bulak