Sidang Umum AIPA Dimulai, Puan Gaungkan Semangat ASEAN Solidarity

Monday 7 Aug 2023, 6 : 14 am
Ketua DPR RI Puan Maharani

Setelah itu, sidang menyetujui untuk pimpinan rapat-rapat komisi di AIPA dipimpin oleh anggota yang berasal dari Parlemen tuan rumah, dalam hal ini DPR RI. Hal ini sesuai tradisi di AIPA selama ini.

Sidang Komite Eksekutif AIPA juga menyetujui Dewan Legislatif Brunei Darussalam menjadi tuan rumah pertemuan Kaukus AIPA ke-15.

Lalu Puan melanjutkan sidang dengan pertimbangan Tuan Rumah AIPA Advisory Council on Dangerous od Drugs (AIPACODD) ke-7.

“Menyusul berakhirnya pertemuan AIPACODD ke-6 di Indonesia, pertemuan AIPACODD ke-7 akan diselenggarakan tahun depan dengan tuan rumah Majelis Nasional Republik Demokratik Rakyat Laos,” tuturnya.

Memasuki agenda terakhir, Puan menerangkan ada beberapa hal yang perlu dibahas. Yakni, memberikan otoritas dan fungsi kepada Anggota Parlemen Muda AIPA atau Young Parliamentarians of AIPA (YPA).

Lalu menyetujui agenda rapat untuk Komisi Politik, Komisi Ekonomi, Komisi Sosial, Komisi Organisasi, Komisi Perempuan, serta Komisi Pemuda.

“Selanjutnya tentang permohonan proposal dari Sekretaris Jenderal AIPA untuk pembentukan Satuan Kerja, yang meliputi, pendirian perpustakaan hukum digital AIPA (AIPA Digital Law Library), panduan mengenai keterlibatan AIPA dengan Entitas di luar AIPA serta gagasan pembentukan Parlemen ASEAN,” urai Puan.

DPR RI sebagai tuan rumah Sidang Umum AIPA ke-44 pun mengusulkan perubahan AIPA Song kepada Sekertaris Jenderal AIPA. Puan lalu menutup sidang dengan menyerukam semangat persahabatan antar-parlemen di Asia Tenggara.

“Dengan semangat persahabatan antar-parlemen, ASEAN Unity dan kerja sama, bersama kita telah menyelesaikan Sidang Komite Eksekutif ini dengan baik,” ujarnya.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang hadir, atas partisipasi aktif dan kontribusi yang tak ternilai, serta atas kerja sama yang baik,” sambung Puan diakhiri dengan tiga kali ketukan palu pertanda sidang telah usai.

Setelah Sidang Komite Eksekutif AIPA, Puan bersama Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon dan Wakil Ketua BKSAP DPR RI Gilang Dhielafararez meninjau gladi resik Opening Ceremony of the 44th AIPA General Assembly di venue acara.

Secara resmi, Sidang Umum AIPA ke-44 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) esok hari, Senin (7/8).

Sambil berbincang dengan Fadli Zon dan Gilang Dhielafararez, Puan melihat pengisi acara melakukan gladi resik.

Upacara pembuka Sidang AIPA ke-44 akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya Indonesia, seperti Tari Topeng Betawi, Tari Jaipong yang akan dibawakan oleh anak-anak, hingga penampilan ondel-ondel.

Berbagai lagu tradisional seperti lagu Jali-jali asal DKI Jakarta pun akan disuguhkan oleh para musisi andalan Tanah Air yang dipimpin oleh Purwacaraka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pefindo memberikan peringkat idA kepada ERAA, dengan outlook untuk peringkat perusahaan di level 'Stabil'. Peringkat ini berlaku hingga 1 September 2022.

BBTN dan Sejumlah Obligasinya Raih Peringkat Double A Plus dari Pefindo

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA+ (Double A

LMK Pelari Nusantara Kembali Distribusikan Royalti ke Ahli Waris

JAKARTA-Jelang akhir tahun 2022 yang tinggal menghitung hari, para musisi