Sidang Umum AIPA Dimulai, Puan Gaungkan Semangat ASEAN Solidarity

Monday 7 Aug 2023, 6 : 14 am
Ketua DPR RI Puan Maharani

Puan meyakini, hubungan yang baik di tingkat parlemen akan meningkatkan semangat solidaritas di kawasan.

“Kehadiran anda sekalian, menjadi bukti adanya upaya kita bersama, dalam rangka peningkatan peran anggota parlemen dalam membangun masa depan ASEAN yang lebih baik,” ujar perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI tersebut.

Di Sidang Komite Eksekutif ini, Puan yang juga merupakan Presiden AIPA 2023 didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman. Komite Eksekutif merupakan badan di AIPA yang menyiapkan pembahasan pada Sidang Umum AIPA.

Badan ini menentukan agenda sidang AIPA, siapa yang akan memimpin masing-masing Komisi, resolusi yang akan dibahas, dan berbagai isu penting lain terkait organisasi AIPA.

Sebelum membuka sidang, Puan mengatakan AIPA berperan penting dalam mendorong terciptanya stabilitas kawasan karena hal tersebut merupakan kunci bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di kawasan Asia Tenggara.

“Hal yang mengemuka saat ini adalah persaingan kekuatan besar (major power) di kawasan. Kita harus dapat ikut mengelola hal ini dengan mengedepankan dialog dan diplomasi. Kita, Parlemen, harus dapat berkontribusi untuk mengurangi ketegangan di kawasan dan mencegah timbulnya eskalasi yang menuju konflik terbuka,” terang Puan.

Selanjutnya, mantan Menko PMK itu mengetuk palu satu kali sebagai tanda dibukanya Sidang Komite Eksekutif. Puan kemudian mengusulkan agar acara terlebih dahulu membahas agenda dari Sidang Komite Eksekutif AIPA.

“Sehubungan dengan itu, saya mempersilahkan setiap delegasi untuk memberikan masukan atau tanggapan terhadap agenda dari Sidang Komite Eksekutif AIPA?” ucapnya kepada peserta Sidang Komite Eksekutif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Seskab Optimis, Kepercayaan Publik Akan Pulih Kembali

JAKARTA-Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyakini tingkat kepercayaaan public terhadap

CIMB Niaga Gelar AMDB 2014 di Aceh

BANDA ACEH-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menyelenggarakan