Sinaksak Center: Segera Revitalisasi Sumpah Pemuda

Friday 16 Oct 2015, 1 : 35 pm
by
Salman Habeahan

JAKARTA – Sumpah pemuda harus segera direvitalisasi dan dinyalakan lagi pada generasi baru.

Indonesia adalah tanah air yang satu bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa mempermasalahkan agama, suku dan ras.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk menanamkan Sumpah Pemuda bagi generasi baru demi Indonesia di masa mendatang.

Salah satu cara merevitalisasi Sumpah Pemuda adalah menghapus seluruh peraturan yang bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Hanya dengan seperti ini, bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang besar.

Demikian ditegaskan DR. Salman Habeahan dari Sinaksak Center – Pusat Studi Sosial dan Budaya terkait dengan peristiwa intoleransi berupa penyerangan gereja di Singkil, Aceh beberapa waktu lalu.

Baca juga :  Ahok Bukan Kader, PDIP Takkan Dukung Di Pilgub DKI Jakarta

Menurutnya, tidak boleh ada seorang, kelompok, suku, ras ataupun agama pun yang berhak mengklaim satu-satunya yang berhak hidup di tanah air Indonesia.

Lahir di Indonesia merupakan suatu anugerah semata karena seorang bayi tidak dapat memilih di mana dia lahir, siapa orang tua, suku dan juga agamanya.

Yang pertama kali terjadi adalah, mereka lahir di Indonesia sebagai tanah airnya, baru suku, ras dan terakhir agama.

“Lagu Indonesia Tanah Air Beta menjelaskan bahwa di Indonesia inilah tempat kita lahir, hidup dan akhirnya menutup mata. Semua orang yang lahir di Indonesia mempunyai hak untuk hidup tanpa diskriminasi. Sebelum agama yang kita kenal seperti sekarang masuk di Indonesia, penduduk Indonesia yang dulu namanya nusantara sudah ada,” ujar Salman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

DPR Tolak Opsi Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

JAKARTA- Anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi PDI-Perjuangan Arif

PT Malacca Trust Finance Dapat Izin Usaha Pembiayaan dari OJK

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin usaha Perusahaan Pembiayaan