Ganjar Usulkan Nama Bansos Jadi Bantuan Kesra

Monday 5 Feb 2024, 3 : 01 am
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan untuk mengubah nama bantuan sosial (bansos) menjadi bantuan kesejahteraan rakyat (kesra) demi menciptakan keadilan sosial.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam debat terakhir Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

“Kami usul bantuannya ganti aja deh, bantuan kesra karena tugas negara itu menciptakan keadilan sosial bukan menciptakan bantuan sosial,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan bahwa bansos memang bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia, namun kesenjangan sosial masih terjadi.

Lebih lanjut, Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode ini melihat jumlah bansos tidak menjamin adanya kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Indonesia. Berapapun nilai bansosnya, menurut Ganjar kesenjangan masih tetap terjadi.

Baca juga :  IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Mainkan ACES, ESSA, HRUM dan SLIS

“Menurunkan kemiskinan oke ternyata, tapi gap tidak. Berapapun besarnya (nilai bansos), gap-nya tetap tinggi,” kata Ganjar.

Oleh sebab itu, Ganjar menekankan perlunya bantuan kesra dalam menciptakan keadilan sosial. Bantuan tersebut disebut Ganjar juga harus tepat sasaran dan tepat waktu.

“Sekali lagi ini betul-betul hak rakyat. Tugas negara dan pemerintah adalah memastikan itu bawah ini adalah tepat sasaran dan tepat waktu,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PT Sinarmas Multiartha Tbk

Sasar 10 Ribu UMKM, Entitas Anak SMMA Siap Cairkan Pinjaman Rp2,3 Triliun

JAKARTA-Entitas anak PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), PT Pasar Dana

Gugatan Terhadap UU BUMN, Dua Komisaris BUMN Tak Jawab Soal Khilafah

JAKARTA-Tim Advokasi Kedaulatan Ekonomi Indonesia (TAKEN) menyesalkan dua komisaris Badan