Ganjar Usulkan Nama Bansos Jadi Bantuan Kesra

Senin 5 Feb 2024, 3 : 01 am
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan untuk mengubah nama bantuan sosial (bansos) menjadi bantuan kesejahteraan rakyat (kesra) demi menciptakan keadilan sosial.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam debat terakhir Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

“Kami usul bantuannya ganti aja deh, bantuan kesra karena tugas negara itu menciptakan keadilan sosial bukan menciptakan bantuan sosial,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan bahwa bansos memang bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia, namun kesenjangan sosial masih terjadi.

Lebih lanjut, Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode ini melihat jumlah bansos tidak menjamin adanya kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Indonesia. Berapapun nilai bansosnya, menurut Ganjar kesenjangan masih tetap terjadi.

“Menurunkan kemiskinan oke ternyata, tapi gap tidak. Berapapun besarnya (nilai bansos), gap-nya tetap tinggi,” kata Ganjar.

Oleh sebab itu, Ganjar menekankan perlunya bantuan kesra dalam menciptakan keadilan sosial. Bantuan tersebut disebut Ganjar juga harus tepat sasaran dan tepat waktu.

“Sekali lagi ini betul-betul hak rakyat. Tugas negara dan pemerintah adalah memastikan itu bawah ini adalah tepat sasaran dan tepat waktu,” pungkasnya.

Debat Pilpres 2024 kali ini meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

ALDO Berharap Awal Tahun Ini Bisa Uji Coba Mesin Produksi Recycled Brown Paper

JAKARTA-PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO) berharap pada awal tahun ini

Kenaikan Harga BBM Tak Perlu Persetujuan DPR

JAKARTA- Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bambang P.S.