Indonesia Mumpuni Pimpin ASEAN Dari Ancaman Krisis Pangan

Friday 11 Nov 2022, 11 : 33 pm
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

Menurutnya, ada kecenderungan setiap negara akan menahan keluarnya pangan dengan memberlakukan kebijakan proteksi untuk menjamin kecukupan pangan dalam negeri masing-masing.

“Kalau semua menahan kan benar-benar terjadi krisis,” sambungnya.

Oleh sebab itu, Indonesia diharapkan mampu memainkan peran untuk mengatur sebaran pangan agar tidak terjadi kelangkaan di ASEAN.

“Indonesia bisa bermain di situ karena punya kemampuan dan pengalaman tentang hal itu. Beberapa negara kalau mengandalkan perdagangan saja, bisa tidak jalan, bisa bahaya karena harga tinggi,” pungkasnya.

Sedangkan Pakar perdagangan ekonomi dunia dan politik internasional UGM, Riza Noer Arfani berpandangan bahwa fundamental perekonomian negara-negara di ASEAN cukup tangguh menghadapi potensi resesi di 2023.

“Secara umum memang negara ASEAN relatif terbebas dari ancaman resesi. ini ditunjukkan dengan proses recovery ekonomi yang mereka lakukan sejak pandemi juga dilihat dari Pertumbuhan Ekonomi yang rata rata positif. itu menjadi modal kuat, juga dilihat dari tingkat inflasi yang terkendali.” kata Riza, Jumat (11/11/2022).

Mitigasi Dampak

Namun meski begitu, dia mengingatkan pasti ada dampak dari negara-negara yang mengalami resesi atau perlambatan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bus Klakson Telolet Didenda Rp 500 ribu

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta seluruh operator bus untuk

PAN Minta Khofifah dan Gus Ipul Seriusi Pilgub Jatim

JAKARTA-Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mendorong Ketua