Kata Ulama: Bagi Umat Islam, Haram Hukumnya Pilih Capres Pelanggar HAM

Rabu 10 Jan 2024, 11 : 59 pm
Lembaga Peradaban Luhur (LPL) dan Forum Bahtsul Masail Kebangsaan (FBMK) menyelenggarakan Diskusi atau Bahtsul Masail "Apa Hukumnya Memilih Pemimpin Yang Merupakan Pelaku Pelanggaran HAM?” di Kopi Dari Hati, Grand Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu (10/01/2024)

Dengan demikian, memilih pemimpin merupakan kewajiban, bukan hanya sekadar hak.

“Allah perintahkan untuk memilih pemimpin. Wajib mencari pemimpin. Allah perintahkan kita memilih seorang pemimpin, makanya golput ini dilarang,” jelasnya.

Soal memilih pemimpin yang notabene pelanggar HAM itu, menurut Kiai Barkah, setelah dikaji dalam Alquran dan kitab fikih di laci almarinya meneliti secara obyektif, ada beberapa anjuran untuk memilih seorang pemimpin yang beriman.

Hukum Islam

Dia menegaskan bahwa pelanggar HAM adalah zalim.

“Apakah haram memilih mereka? Kita kembali kepada kaidah fikih bahwa setiap kemudhorotan kalau tidak ada orang baik, notabene melanggar HAM, maka pilih antara calon-calon ada orang pintarnya. Kembali ke track record mereka. Kalau ada yang track record baik, silakan dianjurkan untuk tidak memilih pemimpin pelanggar HAM. Pilih pemimpin yang berkepribadian baik,” tandasnya.

Sementara itu Kiai Rakhmad Zailani Kiki, ketua LPL Lembaga Peradaban Luhur (LPL) meminta umat Islam jangan terkecoh dengan isu HAM yang muncul di setiap lima tahunan atau saat Pilpres.

“Ingat, hukum Islam membunuh satu manusia sama saja membunuh seluruh manusia. Sudah 800 kali aksi Kamisan korban penculikan dan oelanggaran HAM berat yang dilakukan capres tertentu, namun sampai saat ini tidak pernah selesai. Jadi bukan sekadar ajang 5 tahunan, ini sudah bertahun-tahun persoalan HAM tidak selesai,” tuturnya.

Menurutnya, aksi Kamisan ini harus diselesaikan karena sudah 20 tahun lebih persoalan pelaku pelanggar HAM tak juga selesai.

“Tolong selesaikan agar tidak menghantui capres pelaku pelanggar HAM,” ungkapnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Miliarder Swiss Siap Beli Chelsea Jika Roman Abramovich Mau Lepas

JAKARTA-Roman Abramovich dikabarkan panik dan ingin segera menjual Chelsea. Seorang

Amerika Diminta Akhiri Blokade Terhadap Kuba

JAKARTA-Pemerintah Amerika Serikat diminta mengakhiri blokade ekonomi, perdagangan, dan keuangan