Kembangkan Varietas Baru Gemitir, Gubernur Koster: Impor Bibit Marigold 30 M dari Thailand Akan Dihentikan

Tuesday 8 Aug 2023, 12 : 43 pm
by
Gubernur Bali I Wayan Koster

TABANAN-Gubernur Bali I Wayan Koster menghadiri acara peresmian penggunaan varietas Marigold atau Gemitir khas Bali berjenis oranye, kuning, emas, putih, dan merah di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Selasa (8/8).

Varietas itu dinamakan Sudamala.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria, dan akademisi serta peneliti dari Universitas Udayana turut hadir dalam peresmian varietas Gemitir Bali Sudamala.

Koster dalam pidato sebelum meresmikan varietas, mengungkapkan tentang awal mula Pemerintah Provinsi Bali bersama IPB mengembangkan benih Gemitir untuk warna baru.

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) itu bercerita pengembangan benih Gemitir jenis baru bermula saat dirinya mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri hadir di sebuah acara di Gianyar, Bali.

Koster mengatakan saat itu dekorasi acara di Gianyar menggunakan bunga Gemitir. Megawati kemudian menyanjung hiasan tersebut.

Namun, kata Koster, Megawati sempat menyoroti warna bunga Gemitir untuk dekorasi acara di Gianyar yang berwarna kuning saja.

Dari situ, dia menelepon seorang peneliti untuk mengembangkan dan meneliti benih Gemitir agar hasil tanaman tidak sekadar berkelir dasar, yakni kuning.

“Ibu Megawati, suatu saat saya mendampingi beliau di Gianyar, ada dekorasi bunga Gemitir. Sambil jalan ke tempat acara, beliau melirik, kiri dan kanan, saya pikir beliau akan tanya. Benar saja beliau tanya, Koster ini dekorasi bagus, tetapi, kok, ini kuning semua. Saya bilang nanti saya bikin merah,” kata Koster.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Staf Terkena Covid-19, Kantor Disdukcapil Tangsel Ditutup Sementara

TANGERANG- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang Selatan,
Said Abdullah

Said Abdullah Bantah Gibran tentang Investor Swasta di IKN

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah membantah klaim calon