Said Abdullah Bantah Gibran tentang Investor Swasta di IKN

Saturday 23 Dec 2023, 3 : 46 pm
by
Said Abdullah
Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah membantah klaim calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka tentang investor swasta yang masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN)

Menurut Said Abdullah, belum ada pihak swasta yang menanamkan modalnya dalam pembangunan IKN yang menjadi proyek ambisius Presiden Jokowi.

Adapun pembangunan yang ada saat ini di IKN semuanya dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal itu dikatakan Said Abdullah di Jakarta, Sabtu 23 Desember 2023. Ia menanggapi pernyataan calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres pada Jumat 22 Desember 2023.

Menanggapi pertanyaan Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD, Gibran menyebut sudah ada investor swasta yang masuk ke IKN yaitu Mayapada Group dan Sedayu Group.

“Dari hasil pengecekan data atas sumber pendanaan IKN yang saya lakukan, sejauh ini masih berasal dari APBN. Realisasi APBN untuk IKN dimulai pada tahun 2022 sebesar Rp 5,5 triliun,” kata Said Abdullah di Jakarta Sabtu 23 Desember 2023.

Dia meneruskan, “Tahun 2023 ini dianggarkan Rp 29,3 triliun dan APBN tahun 2024 rencana alokasi sebesar Rp 40,6 triliun. Jadi sampai tahun 2024 nanti penggunaan APBN direncanakan Rp. 75,4 triliun.”

Said Abdullah yang juga merupakan politisi senior PDI Perjuangan mengungkapkan bahwa pembiayaan pembangunan IKN sudah diatur dalam UU No 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Di sana disebutkan bahwa pendanaan IKN bersumber dari APBN dan sumber lainnya yang sah sesuai dengan peraturan perundang undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tarif Tol Suramadu Turun 50%

JAKARTA-Pemerintah memutuskan tarif jalan tol Jembatan Suramadu, Jawa Timur, turun

Market Sharenya Hanya 0,67%, Industri Modal Ventura Harus Direvitalisasi

JAKARTA-Industri Modal Ventura perlu direvitalisasi untuk meningkatkan peran dan kapasitas