Kepada Warga Diaspora Katolik Indonesia Sedunia: Indonesia Miniatur Peradaban Dunia

Monday 9 May 2022, 12 : 12 am
by
Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo

JAKARTA-Menteri Agama Dirjen Yaqut Cholil Quomas yang diwakili menegaskan Indonesia adalah miniatur peradaban dunia karena kebhinekaannya.

Peradaban itu hanya dapat dibangun jika bangsa Indonesia sadar untuk menghargai kebhinekaan.

“Keberagaman yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia merupakan kekuatan kita bangsa karena merupakan pijakan untuk dapat saling melengkapi dan bekerja sama satu sama lain,” ujar Menteri Agama Dirjen Yaqut Cholil Quomas dikutip AM Adiyarto Sumardjono.

Perayaan Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia dengan thema “Indonesia To The Continents” juga dihadiri Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo.

Paskah Bersama tersebut diselenggarakan secara hybrid dengan studio utama dari Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, Sabtu (07/05/2022).

Sementara itu, Kardinal Ignatius Suharyo menegaskan umat Katolik Indonesia mesti bersyukur karena di wilayah Indonesia pada umumnya panggilan-panggilan khusus untuk menjadi imam, biarawan, biarawati sangat subur.

Bahkan hal itu ditegaskan oleh Paus Fransiskus.

Meski demikian pada prisipnya, setiap umat Katolik siapapun mereka memiliki panggilan yang sama yakni panggilan untuk bertumbuh menuju kesempurnaan kesucian, kasih, dan kepenuhan hidup kristiani.

Perayaan Paskah Bersama diawali dengan misa konselebrasi langsung dari Roma, Italia yang dipimpin oleh Rm Leonardus Mali (Roma), Rm Markus Solo Kewuta SVD (Vatikan), dan khotbah disampaikan Rm Agustinus Purnomo MSF langsung dari Norwegia.

Dipersembahkan untuk para missionaris Indonesia yang tersebar di lebih dari 70 negara, acara tersebut diselenggarakan oleh Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), Missionaris Indonesia, Ikatan Rohaniwan-Rohaniwati Indonesia Di Kota Abadi (IRRIKA), atau Roma, Jaringan Komunitas Katolik Indonesia (KKI) Diaspora Sedunia, dan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) serta didukung penuh oleh KBRI untuk Tahta Suci (Vatikan) ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

265 Buruh Migran Indonesia Terancam Hukuman Mati

SURABAYA-Permasalahan yang menjerat buruh migran Indonesia di beberapa negara terus

Pro-Kontra #2019GantiPresiden Masih Jauh Dari Komunitas Beradab

*)Emrus Sihombing Pro-Kontra #2019gantipresiden, belum ada tanda-tanda berhenti. Bahkan ada