Paspor Indonesia Ganti Warna dan Desain, 17 Agustus 2024

Friday 29 Mar 2024, 11 : 40 pm
3 paspor yang paling populer di Indonesia saat ini

JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana merubah  warna dan desain paspor baru Republik Indonesia untuk meningkatkan keamanan data para pemenang paspor.

“Desain paspor akan diganti, jadi tidak warna hijau lagi. Warnanya apa? Nanti kita akan launching 17 Agustus 2024 desain paspor barunya. Yang pasti menggunakan warna khas Indonesia,” ungkap Dirjen Imigrasi Silmy Karim di Jakarta.

Meski desain paspor yang baru akan dirilis 17 Agustus 2024, namun baru  akan terbit pertama kali pada  17 Agustus 2025.

Menurutnya, perubahan desain dari dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh suatu negara kepada warganya yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri tersebut,  bukan hanya dari warna saja, melainkan untuk meningkatkan keamanan sehingga tidak bisa dipalsukan.

Baca juga :  Megawati Beri Sinyal Kuat Puan Maharani Capres PDI Perjuangan

Ditjen Imigrasi pun telah meningkatkan keamanan dengan menggunakan paspor elektronik yang di dalamnya terdapat chip yang memuat data dari pemegang paspor.

Di Indonesia, ada 6 jenis paspor. Namun dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 31 Tahun 2013 pasal 34 dan 48 disebutkan ada 3 paspor Indonesia yang popular, yaitu  paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa.

Paspor biasa terdiri atas paspor biasa elektronik dan paspor biasa non-elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bahlil Menjaga Akal Sehat

Oleh: Abi Rekso Panggalih “Ini bukan soal berani-beranian atau pintar-pintaran.

Kinerja TPIA di Kuartal I-2022 Berbalik Merugi Hingga USD11,24 Juta

JAKARTA-PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) selama tiga bulan pertama