Paspor Indonesia Ganti Warna dan Desain, 17 Agustus 2024

Friday 29 Mar 2024, 11 : 40 pm
3 paspor yang paling populer di Indonesia saat ini

JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana merubah  warna dan desain paspor baru Republik Indonesia untuk meningkatkan keamanan data para pemenang paspor.

“Desain paspor akan diganti, jadi tidak warna hijau lagi. Warnanya apa? Nanti kita akan launching 17 Agustus 2024 desain paspor barunya. Yang pasti menggunakan warna khas Indonesia,” ungkap Dirjen Imigrasi Silmy Karim di Jakarta.

Meski desain paspor yang baru akan dirilis 17 Agustus 2024, namun baru  akan terbit pertama kali pada  17 Agustus 2025.

Menurutnya, perubahan desain dari dokumen perjalanan yang diterbitkan oleh suatu negara kepada warganya yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri tersebut,  bukan hanya dari warna saja, melainkan untuk meningkatkan keamanan sehingga tidak bisa dipalsukan.

Ditjen Imigrasi pun telah meningkatkan keamanan dengan menggunakan paspor elektronik yang di dalamnya terdapat chip yang memuat data dari pemegang paspor.

Di Indonesia, ada 6 jenis paspor. Namun dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 31 Tahun 2013 pasal 34 dan 48 disebutkan ada 3 paspor Indonesia yang popular, yaitu  paspor diplomatik, paspor dinas dan paspor biasa.

Paspor biasa terdiri atas paspor biasa elektronik dan paspor biasa non-elektronik.

Pertama dan paling banyak dibutuhkan adalah paspor biasa yang diterbitkan untuk perjalanan reguler. Di Indonesia paspor jenis ini diberi sampul berwarna hijau dan dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kedua, paspor diplomatik sampulnya berwarna hitam, dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri.

Paspor ini diterbitkan guna mengidentifikasi perwakilan diplomatik dari suatu negara.

Pemegang paspor ini menikmati beberapa kemudahan perlakuan dan kekebalan di negara tempat mereka bertugas.

Ketiga adalah paspor dinas/resmi yang diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri setelah mendapat izin dari Sekretariat Negara, untuk kalangan teknisi dan petugas administrasi dari suatu misi diplomatik seperti kedutaan dan konsulat ataupun bagi pegawai negeri / pemerintah yang sedang melaksanakan tugas ke luar negeri. Pemegang paspor  yang diberi sampul berwarna biru ini mendapatkan beberapa kemudahan yang tidak dimiliki oleh pemegang paspor biasa.

Sementara, 3  jenis paspor yang lain adalah paspor orang asing, paspor kelompok, serta paspor haji dan umrah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Liberalisme Politik Lumpuhkan Kebhinnekaan

JAKARTA-Aspek liberalisme politik dan kapitalisme pembangunan ekonomi dituding telah melumpuhkan

Jika Ingin Menang, Prabowo Harus Gandeng Hatta Rajasa

JAKARTA-Peneliti Politik The Habibie Center, Bawono Kumoro menilai figure Ketua