Perlu Intervensi Pemerintah Agar Ekonomi Tak Anjlok

Friday 5 Jun 2015, 4 : 41 pm
by
Gubenur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo

SURABAYA-Pemerintah harus melakukan intervensi kebijakan untuk mempertahankan ekonomi agar tidak terus jatuh. Di negara maju pada saat terjadi krisis, pajak akan diturunkan drastis terhadap perumahan dan properti. “Saya optimistis dengan dicapainya program sejuta rumah, akan tetapi jika tidak di intervensi yang terjadi adalah rumah tidak terbeli karena masyarakat sulit untuk menjangkau harga rumah. Terpenting daya beli masyarakat harus mampu membeli rumah murah,” ujar Gubenur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Real Estate Indonesia (REI) di Ciputra World, Kamis (4/6).

Menurutnya, program sejuta rumah sangat penting bagi masyarakat. Karena itu, program ini harus di subsidi oleh pemerintah. “Jika tidak maka rumah tersebut tidak akan mampu terbeli oleh masyarakat,” katanya.

Baca juga :  Pemerintah RRT Pantau Kondisi Infrastruktur Indonesia

Namun demikian jelasnya, ada beberapa hambatan dan permasalahan dalam penyediaan perumahan khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Saat ini, daya beli masyarakat masih rendah, sehingga untuk menjangkau harga jual sewa unit hunian atau rusun membutuhkan subsidi dari pemerintah. “REI harus dibantu disubsidi oleh kebijakan dan kemudahan bunga. Dimanapun dan pada kelompok seperti apapun jika situasi ekonomi melemah kelompok masyarakat bawah harus di intervensi dan di suport,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Perbankan Nasional Abaikan Daya Tarik Pasar Lokal

JAKARTA – Industri perbankan nasional dianggap belum mampu memanfaatkan daya tarik

BTN Bantu Rp500 Juta Untuk Warga Korban Bencana NTT

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Haru Koesmahargyo