Said Abdullah: APBN ‘Prudent’, Perekonomian Nasional Memuaskan

Wednesday 24 May 2023, 4 : 18 pm
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah

Realisasi belanja negara mencapai Rp765,8 triliun, masih cukup rendah, karena masih 25 persen dari pagu.

“Realisasi pendapatan negara yang tumbuh 17 persen dibandingkan tahun lalu ini patut kita syukuri, mengingat berbagai harga komoditas ekspor andalan tidak setinggi tahun lalu. Batubara, CPO, jagung dan minyak bumi semuanya menunjukkan tren penurunan harga. Pada tahun lalu pemerintah menerima windfall effect akibat melambungnya harga batubara, minyak bumi dan CPO,” jelasnya.

Sisi lain, lanjut Said, ancaman dari sisi moneter tampaknya juga mereda. Sebaliknya rupiah malah dihadapkan tren penguatan terhadap Dolar Amerika Serikat (USD).

The Fed diperkirakan tidak lagi menerapkan kebijakan hawkish untuk menurunkan inflasi di Amerika Serikat. Terlihat sejak Mei tahun lalu hingga Mei 2023 inflasi di Amerika Serikat cenderung turun sebagaimana yang mereka harapkan.

Kini mereka dihadapkan persoalan baru, soal ancaman gagal bayar surat utang pemerintah, serta rontoknya beberapa bank baru setelah Silicon Valley Bank (SVB).

Inflasi terkendali dilevel 4,3 persen, dan menunjukkan tren penurunan sejak awal tahun ini.

“Memasuki Bulan Ramadan bulan lalu, inflasi terkendali di level 5 persen. Namun beberapa barang konsumsi saat ini yang melambung tinggi seperti telur ayam perlu segera diantisipasi oleh pemerintah, sehingga segera ada pasokan untuk stabilisasi harga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Said menjelaskan peningkatan indeks manufaktur (Puchasing Manufacture Index/ PMI) di beberapa mitra dagang Indonesia justru sebagian besar mengalami kontraksi, seperti Jepang, Tiongkok, Malaysia, Vietnam, Jerman, Perancis, Inggris dan Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

16 Provinsi Telah Tetapkan Perda RUED

JAKARTA-Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan, sebanyak 16 dari total 34

Kasus Bank Century, Perintah Penetapan Tersangka Boediono Sulit Dilaksanakan

JAKARTA–Kasus Bank Century tampaknya belum tuntas. Karena putusan Pengadilan Negeri