WIKA Siap Pinjami Rp555 Miliar ke Entitas Usaha di Bidang Jalan Tol

Monday 21 Feb 2022, 4 : 36 pm
by
ILustrasi

JAKARTA – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) berencana memberikan pinjaman mencapai Rp555 miliar kepada entitas asosiasi perseroan, yakni PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD) sebagai pengembang dan pengelola Tol Semarang-Demak.

Berdasarkan keterbukaan informasi WIKA yang dikutip Senin (21/2), rencana pemberian pinjaman itu terdiri dari fasilitas plafond pinjaman non-cash loan kepada PPSD maksimal Rp505 miliar dan pinjaman pemegang saham (shareholder loan) kepada PPSD senilai Rp50 miliar.

Sebagaimana diketahui, kepemilikan WIKA di PPSD sebesar 25 persen, sedangkan kepemilikan PT PP (Persero) Tbk (PTPP) mencapai 75 persen.

Nilai transaksi afiliasi antara WIKA dan PPSD tidak termasuk transaksi yang bersifat material, karena berada di bawah 20 persen dari total ekuitas WIKA yang per 30 September 2021 sebesar Rp17,98 triliun.

Manajemen WIKA menyebutkan, rencana pemberian fasilitas plafond pinjaman non-cash loan tersebut merupakan transaksi berkelanjutan yang pelaksanaannya diprogramkan terlebih dahulu di Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) WIKA.

Pemberian pinjaman pemegang saham perseroan senilai Rp50 miliar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dana operasional PPSD.

“Dengan dilakukannya rencana transaksi tersebut, WIKA dapat mendukung kebutuhan dana PPSD yang merupakan salah satu entitas asosiasi perseroan, dalam menunjang kegiatannya agar dapat melakukan kegiatan operasional ke depannya dan diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap perseroan,” demikian disebutkan oleh manajemen WIKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Utang Meningkat, Pertamina Layani Pembelian Avtur Merpati Secara Tunai

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menegaskan hanya dapat melayani pembelian Avtur bagi

Tiket KA Dari Stasiun Malang Untuk Angkutan Lebaran 2024 Terjual Lebih 32 ribu

MALANG –  Penjualan tiket kereta api untuk angkutan Lebaran 2024