Jokowi Puyeng Ditinggal Orang Terdekat

Saturday 3 Feb 2024, 11 : 27 am

JAKARTA – Satu per satu, orang-orang terdekat Presiden Jokowi  mundur dari jabatan di pemerintahan.

Dalam dua hari terakhir ini, setelah  Mahfud MD secara resmi meletakkan jabatannya sebagai Menko Polhukam,  menyusul pula Andi Widjajanto, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Anggit Nugroho, Eko Sulistyo, dan Jaleswari Pramodhawardani.

Situasi tersebut bahkan membuat Jokowi kalang kabut.

Sumber terpercaya beritamoneter  menyebutkan,  Jokowi bahkan sampai membatalkan agenda kunjungan kerja ke Jabar 3-6 Februari.

Mahfud memutuskan mundur diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam agar  fokus  berkampanye sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres),  mendampingi Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Duet Ganjar-Mahfud berkontestasi pada Pilpres 2024, didukung partai politik PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sedangkan Andi Widjajanto yang  menjabat Gubernur Lemhanas memilih melepas jabatannya itu untuk  memperkuat  Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, sebagai Deputi 5.0.

Menyusul Andi adalah Sekretaris Pribadi Presiden, Anggit Nugroho.

Kemudian,  Komisaris PLN Eko Sulistyo  dan Jaleswari Pramodhawardani, yang meletakkan jabatannya sebagai Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Kantor Staf Presiden RI.

Jokowi yang pernah dipuja-puja sebagai seorang pemimpin berintegritas yang sangat dihormati di Indonesia, kini banyak yang mencibirnya.

Ia dinilai telah berubah haluan, menyusul pencalonan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka sebagai  Cawapres mendampingi  Capres Prabowo Subianto.

Jokowi  dinilai telah  mempora-porandakan bangunan demokrasi yang telah dibangun dengan susah payah,  pada era perjuangan Reformasi tahun 2098.

Bahkan, PDI Perjuangan yang mengusungnya dua kali pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 ditinggalkannya begitu saja, tanpa ada kata terima kasih.

Setelah  satu per satu teman Jokowi meninggalkannya.

Apakah Jokowi makin kokoh kekuasaannya? Sepertinya tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PANS Bukukan Laba Bersih di 2021 Sebesar Rp151,67 Miliar

JAKARTA-PT Panin Sekuritas Tbk (PANS) berhasil membukukan kenaikan laba bersih

Legislator Bali Desak PLN Ringankan Beban Pelanggan 1300 VA

JAKARTA–Kebijakan PT.PLN membebaskan listrik 100% bagi pelanggan 450 VA dan