Kembangkan Ekosistem 5G, WIFI (Surge) Resmi Bermitra dengan Qualcomm

Jumat 24 Nov 2023, 8 : 21 am
ILUSTRASI

JAKARTA-PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) sebagai pemilik brand Surge mengumumkan kemitraan strategis dengan Qualcomm Technologies Inc untuk mengembangkan dan menerapkan perangkat yang didukung Snapdragon X35, agar mampu menciptakan konektivitas ke seluruh negeri.

Berdasarkan siaran pers WIFI yang dikirim melalui surat elektronik, Kamis (23/11) malam, Surge merupakan satu-satunya partner strategis di Indonesia yang bekerjasama dengan Qualcomm untuk mendorong ekspansi ekosistem 5G melalui pengembangan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X35 5G Modem-RF System dan akan diluncurkan pada 2024.

Menurut laporan oleh Ericsson dan Arthur D Little (ADL) pada 2023, lanskap telekomunikasi di Asia Tenggara sedang berkembang pesat yang didorong oleh adopsi perangkat selular dan layanan digital.

Sehingga, kondisi ini mempengaruhi konsumsi data yang diperkirakan bertumbuh 32 persen (CAGR 2022-2028), serta penetrasi jaringan 5G yang pesat dengan penetrasi sebesar 52 persen di Asia Tenggara pada 2030.

Direktur Utama WIFI, Yune Marketatmo, sejauh ini Surge memiliki potensi besar untuk menangkap peluang pertumbuhan ekosistem 5G melalui optimalisasi jaringan serat optik di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa.

Saat ini terdapat lebih dari 40 juta rumah tangga dengan kebutuhan konektivitas yang semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Dengan adanya pengembangan Snapdragon X35 5G Modem-RF System, diharapkan dapat menghadirkan solusi konektivitas yang terjangkau bagi masyarakat di sepanjang jalur kereta api di Pulau Jawa.

Dalam pemanfaatan perangkat Snapdragon X35 5G Modem-RF System ini, Surge akan berkolaborasi dengan berbagai mitra penyedia layanan internet untuk memberikan konektivitas internet yang terjangkau.

Keunggulan dalam efisiensi biaya (low cost capex) dan jangkauan populasi yang besar di sepanjang jalur kereta api tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi Surge, serta berbagai mitra operator maupun internet service provider (ISP).

“Snapdragon X35 5G Modem-RF System akan menjadi game changer untuk solusi 5G FWA berbiaya rendah di Indonesia yang mengisi kesenjangan digital dan pada saat yang sama dapat mengatasi masalah keterjangkauan. Kami sangat senang dapat memperdalam kolaborasi kami dengan Qualcomm. Kepercayaan yang diberikan kepada Surge dengan infrastruktur konektivitas yang kami miliki, kami yakin dapat menghadirkan konektivitas yang andal dan terjangkau bagi seluruh rumah tangga,” papar Yune.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

MUI: Kesenjangan Ekonomi Umat Harus Diperkecil

JAKARTA-Indonesia tercatat sebagai negara dengan kesenjangan ekonomi keempat tertinggi dunia.

Ditjen Pajak Bebaskan Pengempalang Pajak Rp1,9 Miliar

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) akhirnya melepaskan penanggung pajak Dj dari Rumah